Sekolah : MIN Maros
Kelas /Semester : 2 /2 (dua )
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 2 : Merawat Hewan di Sekitarku
Pembelajaran ke- : 6
Fokus Pembelajaran : Bahasa IndonesiadanMatematika,SBdP
Alokasi Waktu 4 x 35 menit(4 JP)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan
tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
3.6 Mencermati
ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai
gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia. |
3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf
kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki dalam
gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin. |
4.6 Menyampaikan
ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukun
dalam kemajemukan.. |
4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan
mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum
melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab |
Matematika
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.6
Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuanbaku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. |
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur |
4.6
Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuanbaku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. |
4.6.1 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan
waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. |
PPKn
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
3.1
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila” |
3.1.1.Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan
sila-sila Pancasila |
4.1
Menjelaskan hubungangambar pada lambang Negaradengan sila-sila Pancasila |
4.1.1 Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja
dalam kehidupan sehari-hari.. |
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan
mengamati teks tentang merawat hewan, Peserta didik dapat menemukan aturan
penggunaan huruf kapital pada teks.
2. Dengan
mengamati teks tentang merawat hewan di sekolah, Peserta didik dapat menyunting
teks.
3. Dengan
menulis kegiatan sehari-hari di sekolah, Peserta didik dapat mengelompokkan
hal-hal yang boleh dilakukan di sekolah.
4. Dengan
menulis kegiatan sehari-hari di sekolah, Peserta didik dapat mengelompokkan
hal-hal yang tidak boleh dilakukan di sekolah.
5. Dengan
menulis kegiatan sehari-hari, Peserta didik dapat menceritakan hal-hal yang
boleh dilakukan di sekolah.
6. Dengan
menulis kegiatan sehari-hari, Peserta didik dapat menceritakan hal-hal yang
tidak boleh dilakukan di sekolah.
7. Dengan
mengamati alat timbang, Peserta didik dapat menyebutkan ukuran berat benda.
8. Dengan
mengamati gambar, Peserta didik dapat mengukur berat benda..
D. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN:
• Teks tentang tata tertib di sekolah
• Teks tentang hewan di sekitar
• Gambar benda dan alat timbang
E.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
Pembelajaran : Saintifik.
Metode
Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan ceramah.
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar :1. Buku Guru dan Buku Peserta
didik Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
(Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek
kehadiran Peserta didik. 2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang Peserta
didik. 3.
Peserta didik difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya
mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan
penguatan tentang sikap syukur. 4.
Peserta didik diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. 5.
Peserta didik diminta memeriksa kerapian diri dan
kebersihan kelas. 6.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7.
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pentingnya
sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8.
Pembiasaan membaca. Peserta didik dan guru mendiskusikan
perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9.
Peserta didik diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk
menyegarkan suasana kembali. |
15 menit |
Kegiatan inti |
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Ayo Membaca 1. Peserta didik membaca percakapan yang ada di Buku Peserta didik.Isi dari percakapan tersebut tentang peraturan di sekolah ketika jam istirahat. 2. Guru memfasilitasi Peserta didik agar dapat mengidentifikasi tata tertib yang berlakudi
sekolah ketika jam istirahat. 3. Tata tertib yang berlaku di sekolah ketika 4. jam istirahat dihubungkan dengan tema merawat hewan di sekitar. Apabila ada hewan yang dipelihara di lingkungan sekolah, guru dapat member contoh mengenai aturan merawat hewan yang dipelihara sekolah. 5. Peserta didik difasilitasi dengan kegiatan tanyajawab atau berdiskusi mengenai aturan yang berlaku di sekolah dalam merawat hewan peliharaan di sekolah. Ajaklah Peserta didik untuk menemukan tanggung jawab yang harus Dilakukan dalam merawat hewan peliharaan di sekolah. 6. Peserta didik difasilitasi agar dapat mengemukakan pendapatnya mengenai kewajiban melaksanakan tata tertib di sekolah dalam merawat hewan yang dipelihara di
sekolah. Ayo Berdiskusi 7. Peserta didik menuliskan kata-kata
yang menggunakan huruf kapital yang ia temukan dalam bacaan. Berdasarkan hasil penemuannya tersebut 8. Peserta didik menuliskan kesimpulan tentang penggunaan huruf capital dalam kalimat. Ayo Berlatih 9. Peserta didik melatih pemahamannya terhadap hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan disekolah dengan menghubungkan/ memasangkan kalimat apa dakotak dengan gambar yang sesuai 10. Peserta didik dapat mewarnain gambar yang dianggap sesuai dengan peraturan sekolah. 11. Guru berkeliling untuk memastikan pemahaman Peserta didiksudahsesuai
yangditargetkan. Ayo Berlatih 12. Peserta didik membaca teks pada Buku Peserta didik yang penulisannya masih harus diperbaiki. 13. Peserta didik mencermati bagian-bagian dari teks yang harus diperbaiki. 14. Peserta didik menuliskan kembali teksnya dengan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda baca dengan benar serta menggunakan huruf tegak bersambung. Ayo Mengamati 15. Peserta didik mengamati gambar-gambara alat timbangan yang disajikan pada buku. 16. Guru menjelaskan tentang fungsi dari macam-macam alat timbangan tersebut. 17. Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan membedakan satuan berat antara kgdan gram. Ayo Berdiskusi 18. Peserta didik mendiskusikan timbangan mana yang cocok dengan berat tertentu. Ayo Berlatih 19. Peserta didik memperkirakan berat benda dan melingkari perkiraan berat yang sesuai untuk benda tersebut. |
110 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik bersama guru melakukan refleksi atas
pembelajaran yang telah berlangsung: ·
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? ·
Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di
sekitar? 2.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada hari ini. 3.
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas
pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan
bersama orangtua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru. 4.
Peserta didik menyimak cerita motivasi tentang pentingnya
sikap disiplin. 5.
Peserta didik melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas. 6.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang Peserta
didik. |
15 menit |
Penilaian Sikap: jurnal harian
b. Penilaian Pengetahuan: tes lisan dan tertulis
c. Penialian Keterampilan: unjuk kerja
Instrumen Penilaian
a. Sikap
b. Pengetahuan
Tes Lisan, Tes Tertulis, dan Penugasan
1. Rubrik Penilaian Menulis
dengan Menggunakan Huruf Tegak Bersambung,dengan Memperhatikan Penggunaan Huruf
Kapital.
No. |
Kriteria |
Baik Sekali(4) |
Baik(3) |
Cukup (2) |
PerluBimbingan (1) |
1 |
Keterampilan: Ketepatan menuliskan kata dan kalimat dengan huruf tegak bersambung sesuai teks.. |
Semua kata, kalimat, dan ejaan ditulis dengan benar sesuai teks, tanpa bantuan guru. |
Ada beberapa kata, kalimat, dan ejaan ditulis belum benar, tanpa bantuan guru. |
Ada beberapa kata, kalimat, dan ejaan ditulis belum benar, dengan bantuan guru. |
Semua kata, kalimat, dan ejaan ditulis belum benar, tanpa bantuan guru. |
2 |
Ketepatan menuliskan huruf kapital pada kalimat dalam sebuah teks |
Penggunaan huruf kapital pada teks yang ditulis semua benar. |
Penggunaan huruf kapital pada teks yang ditulis sebagian besar benar. |
Penggunaan huruf kapital pada teks yang ditulis sebagian kecil benar. |
Penggunaan huruf kapital pada teks yang ditulis semua belum benar.. |
Rubrik Penilaian
Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu.
No. |
Kriteria |
Baik Sekali(4) |
Baik(3) |
Cukup (2) |
PerluBimbingan (1) |
1 |
Pengetahuan: Mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu. |
Semua bagian lagu ditandai dengan benar.. |
Setengah atau lebih bagian lagu ditandai dengan benar. |
Kurang dari setengah bagian lagu ditandai dengan benar. |
Semua bagian lagu yang ditandai belum benar. |
2 |
Keterampilan: Ketepatan menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu |
Semua nada dinyanyikan dengan memperhatikan panjang pendek lagu, tanpa bantuan guru.. |
Ada beberapa nada yang dinyanyikan belum benar panjang pendeknya, tetapi dilakukan tanpa bantuan guru.. |
Ada beberapa nada yang dinyanyikan belum benar panjang pendeknya, dengan bantuan guru.. |
Semua nada dinyanyikan belum benar panjang pendeknya. |
Menimbangbenda-bendadenganalattimbang.
No. |
Kriteria |
Baik Sekali(4) |
Baik(3) |
Cukup (2) |
PerluBimbingan (1) |
1 |
Ketepatan membaca berat benda pada alat timbangan sesuai berat benda |
Semua berat benda dibaca sesuai ukuran dengan benar, tanpa bantuan guru. |
Ada beberapa berat benda yang ditimbang masih belum benar. |
50% atau lebih berat benda dibaca sesuai ukuran dengan benar. |
Semua benda yang dibaca ukuran beratnya salah. |
Mengetahui, Maros, Februari 2020.
Kepala Madrasah Wali kelas II B Mush’ab Bin Umair
Hadisah, S.Pd.I Apriani, S.Pd.I
NIP. 197703151999032004 NIP. 198804032019032013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar