Kamis, 18 Juni 2020

RPP Tema 6 ST2 PB 6 Kelas II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP) 



Sekolah                             : MIN Maros    

Kelas /Semester                : 2 /2 (dua )

Tema 6                              : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema 2                         : Merawat Hewan di Sekitarku

Pembelajaran ke-              : 6

Fokus Pembelajaran         : Bahasa IndonesiadanMatematika,SBdP

Alokasi Waktu                    4 x 35 menit(4 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.

3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.

        3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin.

4.6 Menyampaikan ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..

            4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab

 

 


Matematika

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

         3.6.1.Membandingkan dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan jujur

4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

4.6.1 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

         3.1.1.Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

4.1 Menjelaskan hubungangambar pada lambang Negaradengan sila-sila Pancasila

4.1.1 Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari..

 

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan mengamati teks tentang merawat hewan, Peserta didik dapat menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada teks.

2. Dengan mengamati teks tentang merawat hewan di sekolah, Peserta didik dapat menyunting teks.

3. Dengan menulis kegiatan sehari-hari di sekolah, Peserta didik dapat mengelompokkan hal-hal yang boleh dilakukan di sekolah.

4. Dengan menulis kegiatan sehari-hari di sekolah, Peserta didik dapat mengelompokkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di sekolah.

5. Dengan menulis kegiatan sehari-hari, Peserta didik dapat menceritakan hal-hal yang boleh dilakukan di sekolah.

6. Dengan menulis kegiatan sehari-hari, Peserta didik dapat menceritakan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di sekolah.

7. Dengan mengamati alat timbang, Peserta didik dapat menyebutkan ukuran berat benda.

8. Dengan mengamati gambar, Peserta didik dapat mengukur berat benda..

 

D.    MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN:

• Teks tentang tata tertib di sekolah

• Teks tentang hewan di sekitar

• Gambar benda dan alat timbang

E.   METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran  :          Saintifik.

Metode Pembelajaran       :  Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

 

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat          :1. Teks bacaan.

2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.

3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.

Bahan                  : -

Sumber Belajar   :1. Buku Guru dan Buku Peserta didik Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

                           

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran Peserta didik.

2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang Peserta didik.

3.          Peserta didik difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

4.          Peserta didik diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.

5.          Peserta didik diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.

6.          Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

7.          Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.          Pembiasaan membaca. Peserta didik dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

9.          Peserta didik diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.

 

 

 

15 menit

Kegiatan inti

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Ayo Membaca

1.      Peserta didik membaca percakapan yang ada di Buku Peserta didik.Isi dari percakapan tersebut tentang peraturan di sekolah ketika jam istirahat.

2.      Guru memfasilitasi Peserta didik agar dapat mengidentifikasi tata tertib yang berlakudi sekolah ketika jam istirahat.

3.      Tata tertib yang berlaku di sekolah ketika

4.      jam istirahat dihubungkan dengan tema

merawat hewan di sekitar.

Apabila ada hewan yang dipelihara di

lingkungan sekolah, guru dapat member contoh mengenai aturan merawat hewan yang dipelihara sekolah.

5.      Peserta didik difasilitasi dengan kegiatan tanyajawab atau berdiskusi mengenai aturan yang berlaku di sekolah dalam merawat hewan peliharaan di sekolah. Ajaklah Peserta didik untuk menemukan tanggung jawab yang harus

Dilakukan dalam merawat hewan peliharaan di sekolah.

6.      Peserta didik difasilitasi agar dapat mengemukakan pendapatnya mengenai

kewajiban melaksanakan tata tertib di sekolah dalam merawat hewan yang dipelihara di sekolah.

 

Ayo Berdiskusi

7.      Peserta didik menuliskan kata-kata yang menggunakan huruf kapital yang ia temukan dalam bacaan. Berdasarkan hasil penemuannya tersebut

8.      Peserta didik menuliskan kesimpulan tentang penggunaan huruf capital dalam kalimat.

 

Ayo Berlatih

9.      Peserta didik melatih pemahamannya terhadap hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan disekolah dengan menghubungkan/ memasangkan kalimat apa dakotak dengan

gambar yang sesuai

10.  Peserta didik dapat mewarnain gambar yang dianggap sesuai dengan peraturan sekolah.

 

11.  Guru berkeliling untuk memastikan pemahaman Peserta didiksudahsesuai yangditargetkan.

 

Ayo Berlatih

12.  Peserta didik membaca teks pada Buku Peserta didik yang penulisannya masih harus diperbaiki.

13.  Peserta didik mencermati bagian-bagian dari teks yang harus diperbaiki.

14.  Peserta didik menuliskan kembali teksnya dengan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda baca dengan benar serta menggunakan huruf tegak bersambung.

 

Ayo Mengamati

15.  Peserta didik mengamati gambar-gambara alat timbangan yang disajikan pada buku.

16.  Guru menjelaskan tentang fungsi dari macam-macam alat timbangan tersebut.

17.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan membedakan satuan berat antara kgdan gram.

 

Ayo Berdiskusi

18.  Peserta didik mendiskusikan timbangan mana yang cocok dengan berat tertentu.

 

Ayo Berlatih

19.  Peserta didik memperkirakan berat benda dan melingkari perkiraan berat yang sesuai untuk benda tersebut.

110 menit

Penutup

1.          Peserta didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:

·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?

·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?

2.          Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

3.         Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.

4.         Peserta didik menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.

5.         Peserta didik melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.

6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang Peserta didik.

15 menit

 

Penilaian Sikap: jurnal harian

b. Penilaian Pengetahuan: tes lisan dan tertulis

c. Penialian Keterampilan: unjuk kerja

 

Instrumen Penilaian

a. Sikap

 

b. Pengetahuan

Tes Lisan, Tes Tertulis, dan Penugasan

 

1.    Rubrik Penilaian Menulis dengan Menggunakan Huruf Tegak Bersambung,dengan Memperhatikan Penggunaan Huruf Kapital.

No.

Kriteria

Baik Sekali(4)

Baik(3)

Cukup (2)

PerluBimbingan (1)

1

Keterampilan:

Ketepatan

menuliskan kata

dan kalimat

dengan huruf tegak

bersambung sesuai

teks..

Semua kata,

kalimat, dan

ejaan ditulis

dengan benar

sesuai teks,

tanpa bantuan

guru.

Ada beberapa

kata, kalimat,

dan ejaan

ditulis belum

benar, tanpa

bantuan guru.

Ada beberapa

kata, kalimat,

dan ejaan

ditulis belum

benar, dengan

bantuan guru.

Semua kata,

kalimat, dan

ejaan ditulis

belum benar,

tanpa bantuan

guru.

2

Ketepatan

menuliskan huruf

kapital pada kalimat

dalam sebuah teks

Penggunaan

huruf kapital

pada teks yang

ditulis semua

benar.

Penggunaan

huruf kapital

pada teks

yang ditulis

sebagian besar

benar.

Penggunaan

huruf kapital

pada teks

yang ditulis

sebagian kecil

benar.

Penggunaan

huruf kapital

pada teks yang

ditulis semua

belum benar..

 

 

 

 

Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu.

 

No.

Kriteria

Baik Sekali(4)

Baik(3)

Cukup (2)

PerluBimbingan (1)

1

Pengetahuan:

Mengidentifikasi

panjang pendek

bunyi pada lagu.

Semua bagian

lagu ditandai

dengan benar..

Setengah atau

lebih bagian

lagu ditandai

dengan benar.

Kurang dari

setengah

bagian lagu

ditandai

dengan benar.

Semua bagian

lagu yang

ditandai belum

benar.

2

Keterampilan:

Ketepatan

menampilkan

panjang pendek

bunyi pada lagu

Semua nada

dinyanyikan

dengan

memperhatikan

panjang pendek

lagu, tanpa

bantuan guru..

Ada beberapa

nada yang

dinyanyikan

belum benar

panjang

pendeknya,

tetapi

dilakukan

tanpa bantuan

guru..

Ada beberapa

nada yang

dinyanyikan

belum benar

panjang

pendeknya,

dengan

bantuan guru..

Semua nada

dinyanyikan

belum benar

panjang

pendeknya.

Menimbangbenda-bendadenganalattimbang.

 

No.

Kriteria

Baik Sekali(4)

Baik(3)

Cukup (2)

PerluBimbingan (1)

1

Ketepatan

membaca berat

benda pada

alat timbangan

sesuai berat

benda

Semua berat

benda dibaca

sesuai ukuran

dengan benar,

tanpa bantuan

guru.

Ada beberapa

berat benda

yang ditimbang

masih belum

benar.

50% atau lebih

berat benda

dibaca sesuai

ukuran dengan

benar.

Semua benda

yang dibaca

ukuran beratnya

salah.

 

Mengetahui,                                                                  Maros, Februari 2020. 

Kepala Madrasah                                                          Wali kelas II B Mush’ab Bin Umair




Hadisah, S.Pd.I                                                              Apriani, S.Pd.I
NIP. 197703151999032004                                          NIP. 198804032019032013

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar