Minggu, 14 Juni 2020

Rangkuman SBdP Kelas IV. Seni Rupa Dua dan Tiga Dimensi.

Seni Rupa Dua Dimensi

Seni rupa dua dimensi adalah suatu karya seni rupa yang memiliki dua sisi/ unsur saja, yaitu sisi panjang dan lebar sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan dan hanya dapat dilihat dari depan atau belakang.

Contoh seni rupa dua dimensi. 
  1. Gambar –adalah hasil karya seni rupa 2 dimensi yang banyak ditemui di sekitar kita.
  2. Lukisan – adalah hasil karya seni rupa 2 dimensi yang banyak ditemui, seperti lukisan pemandangan, hewan, tumbuhan, manusia, dll.
  3. Fotografi – adalah karya seni yang semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi kamera. Seni ini menghasilkan karya berupa foto.
  4. Kaligrafi – merupakan rangkaian huruf yang mempunya makna dan bersusun sehingga menyerupai suatu wujud tertentu. Kaligrafi merupakan peninggalan sejarah islam, sehingga sering kita temui di masjid-masjid.
  5. Mozaik – merupakan karya seni yang dibuat dari susunan remah-remah benda kecil dengan suatu pola tertentu, yang bentuknya akan menyerupai suatu benda. Remah benda kecil ini biasa berupa limbah seperti kulit telur, serpihan kaca, kayu dan keramik.
  6. Batik – merupakan warisan nenek moyang indonesia yang diakui oleh Unesco. Batik dibuat dengan teknik canting dan printing dan biasa digunakan sebagai pakaian adat.
 Contoh gambar seni rupa 2 dimensi



Seni Rupa Tiga Dimensi

Seni rupa tiga dimensi adalah suatu karya seni rupa yang terdiri dari 3 unsur yaitu: panjang, lebar, dan tinggi sehingga memiliki ruang/volume dan dan dapat dilihat dari segala arah mata memandang (depan, belakang, samping kiri/kanan, atas, dan bawah).

Contoh-contoh seni rupa tiga dimensi dapat ditemukan pada kriya, patung, dan keramik 

  • Kriya – merupakan seni yang proses pembuatannya pada keterampilan tangan dan mengolah bahan agar mempunyai niali guna dan nilai estestis. Biasanya kriya berbentuk karya dari batu, tanah, logam, kain dan kayu.
  • Patung – adalah karya seni rupa 3 dimensi yang banyak kita jumpai sejak jaman nenek moyang Indonesia. Patung biasanya menggunakan teknik memahat dari batu, kayu atau benda keras lainnya yang dipahat hingga menyerupai manusai, binatang atau bentuk mahluk hidup lainnya.
  • Keramik – adalah sebuah karya seni antara seni tradisional ataupun kontemporer. Keramik biasa digunakan untuk perabotan rumah tangga seperti vas bunga, guci dan sebagainya.

Contoh gambar seni rupa tiga dimensi

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar